Senin, 05 April 2010

Apa itu Ubiquitous??

Kata Ubiquitous mungkin masih sangsi di telinga kita. disini saya akan menjelaskan sedikit apa itu Ubiquitous (baca: Yubikitas).
Sebelum menjelaskan Ubiquitous, mari kita flash Back kebelakang tentang perkembangan teknologi. pada dahulunya penggunaan sebuah komputer menggunakan mainframe, jadi satu komputer digunakan oleh banyak orang. mengapa demikian, dikarenakan teknologi pada jaman dahulu masih sangat langka dan tidak semua orang bisa membeli sebuah komputer, karena harganya sangat mahal, jadi yang menggunakan mainframe biasanya berbagai perusahaan besar yang mebutuhkan kinerja yang cepat dan effektif.
Kalau sekarang satu orang bisa menggunakan lebih dari satu komputer, dikarenakan kebutuhannya yang semakin kompleks.hal itu di karenakan semakin cepatnya perkembangan teknologi di dunia. sehingga harga komputer menjadi semakin terjangkau dan mahasiswa pun sudah banyak yang menggunakan laptop sebagai gadget yang praktis dan mudah di bawa kemana-mana.
Akhir2 ini berbagai penyedia jasa layanan internet berlomba-lomba menyediakan paket data yang cepat, dan murah. Internet sudah menjadi kebutuhan yang semakin dibutuhkan tidak hanya oleh kalangan pe bisnis tapi pelajar dan mahasiswa membutuhkan internet untuk media belajar mereka.perkembangan internet juga sangat pesat. pada awalnya internet hanya dapat digunakan menggunakan modem dan kabel telepon sebagai media koneksinya, tetapi sekarang internet sudah dapat di bawa kemana-mana dengan hanya memasukkan modem yang kecil dengan media USB. Semakin mudah dan lebih efektif untuk mengakses internet di mana saja dan kapan saja.inilah yang di sebut dengan Ubiquitous. Suatu perangkat yang bisa di bawa kemana-mana sehingga memudahkan para pengguna untuk mengakses gadget maupun internet dimana saja.



2 komentar: